• Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • Emas168
  • SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN

    LAPORAN MATA KULIAH

    PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

    SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN

    Disusun untuk Memenuhi Matakuliah Pengantar Teknologi Informasi

    Dibimbing oleh Ibu Erika Purnawati, S.Kom, M.Cs

    ugm_3d_new

    Oleh:

    Ilham Muh Ashar Salsabil

    16/401034/SV/11538

     

     

    UNIVERSITAS GADJAH MADA

    SEKOLAH VOKASI

    PRODI KOMPUTER DAN SISTEM INFORMASI

    OKTOBER 2016

     

     

    A. KATA PENGANTAR

     

    Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan Laporan tentang Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan.

    Laporan ini telah kami susun dengan maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan Laporan ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.

    Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki Laporan ini.

    Akhir kata kami berharap semoga Laporan tentang Sistem Informasi Perpustakaan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.

     

    Yogyakarta, 16 Oktober 2016

    Ilham Muh Ashar Salsabil

     

     

    BAB I

    Landasan Teori

          A. Judul

    Membuat Database Sistem Informasi Perpustakaan

          B. Tujuan

    Mahasiswa diaharapkan bisa membuat Database Sistem Informasi Perpustakaan

          C. Landasan Teori

          Perkembangan dunia komputer yang semakin kompleks mendorong setiap individu ataupun kelompok harus menerapkannya dalam segala aktifitas. Setiap sistem yang ada seakan kurang lengkap ketika masih menggunakan model ataupun pengelolaan secara manual, disamping sangat banyak energi dan sumber daya yang terbuang, baik dari segi finansial tentunya menjadikan biaya lebih tinggi, dari segi waktu tentunya akan memakan waktu yang lebih banyak.

         Dalam sebuah perusahaan tentunya tidak terlepas dari sebuah sistem informasi baik sistem informasi keuangan maupun Perpustakaan, dalam hal ini peranan teknologi informasi sangat diperlukan. Karena semakin berkembangnya suatu perusahaan bertambahnya jumlah Pegawai dan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang mau tidak mau perusahaan harus meningkatkan pelayanan dan kualitas sumber daya manusia yang ada.

          Perpustakaan dalam suatu perusahaan yang baik seharusnya memiliki sistem informasi baik berbasis web maupun berbasis jaringan dan stand alone dalam ruang lingkup sekolahan sehingga siswa yang ingin mencari buku maka pengelola perpustakaan dapat mencari melalui komputer yang telah disediakan atau ketika pegawai akan melakukan peminjaman buku maka petugas tidak perlu lagi mencatat secara manual tetapi data dapat dimasukkan melalui sebuah Sistem Informasi. Dengan seiringya perkembangan teknologi Informasi yang semakin pesat, Perusahaan harus mulai menciptakan dan menawarkan kemudahan kepada pegawai dalam system informasi, misalnya Sistem Informasi Perpustakaan.

     

    BAB II

    A. Rumusan Masalah

    1. Membuat Sistem Informasi Perpustakaan
    2. Tentukan Entitas yang terlibat
    3. Tentukan Atribut Yang terlibat di setiap Entitas
    4. Tentukan Primary Key dari tipe Field
    5. Implementasikan didalam Microsoft Access
    6. Buatlah Entitas Relationship (E.R)

    BAB III

    A. Pembahasan

    Dalam membuat Sistem Informasi Perpustakaan, Aplikasi atau Software penunjang untuk membuatnya yaitu      Microsoft Access.  Berikut akan dijelaskan data apa saja yang dibuat untuk membuat Sistem Informasi Perpustakaan.

    1.Tentukan Entitas yang terlibat.

    • Identitas Buku
    • Identitas Peminjaman
    • Penerbit
    • Pengarang
    • Rak
    • Regitrasi Buku
    • Tanggal Peminjaman

    2. Tentukan Atribut yang terlibat di setiap Entitas.

    1. Pada Entitas Identitas Buku, atribut yang diperlukan diantaranya:
    • ID Buku 5
    • Judul Buku
    • Pengarang
    • Penerbit
    • Tahun Terbit
    • Jumlah Buku
    • Jenis Buku.

     

     

    1. Pada Entitas Identitas Peminjaman terdapat atribut diantaranya:7
    • ID Anggota,
    • Nama Peminjam,
    • NIM,dan
    • Fakultas

     

    1. Pada Entitas Penerbit terdapat atribut diantaranya :8
    • ID Penerbit
    • Nama Penerbit

     

    1. Pada Entitas Pengarang terdapat atribut diantaranya :9
    • ID Pengarang
    • Nama Pengarang

     

    1. Pada Entitas Rak atribut yang tersedia diantaranya :11
    • Kode Rak

     

    1. Pada Entitas Regitrasi Buku, terdapat atribut :12
    • No Registrasi Buku
    • ID Buku
    • Kode Rak
    1. Pada Entitas Tanggal Peminjaman Atribut yang tersedia adalah :13
    • Tanggal Peminjaman
    • Tanggal Pengembalian
    • Denda
    • ID buku
    • ID Anggota
    • No Registrasi Buku

     

    3. Tentukan Primary Key dari tipe Field

    • Identitas Buku = ID Buku
    • Identitas Peminjaman = ID Anggota
    • Penerbit = ID Penerbit
    • Pengarang = ID Pengarang
    • Rak = Kode Rak
    • Regitrasi Buku = No Registrasi Buku
    • Tanggal Peminjaman = Tanggal Peminjaman

    4. Contoh Isian Database masing-masing Entitas

    e1(Gb 1.1 isian Database Identitas Buku)

    e2

    (Gb 1.2 isian Database Identitas Peminjam)

    e3

    (Gb 1.3 isian Database Penerbit)

     e4

    (Gb 1.4 isian Database Pengarang)

    e5

    (Gb 1.5 isian Database Registrasi Buku)

    e6

    (Gb 1.6 isian Database Tanggal Peminjaman)

    5. Entitas Relationship

    Setelah semua Entitas, Atribut dan Primary Key masing masing Entitas  terisi, langkah selanjutnya adalah merealitationship seluruh Entitas.

    14

    Untuk Meraltioship seluruh entitas yang ada caranya dengan mengklik Relatioship pada tab Design. Setelah Relationship diklik maka akan berbentuk Seperti berikut  ini.

    19

    (Gb. Entitas Relationship)

    6. Create Form

    Untuk membuat Form langkah yang kita buat adalah membuat form dari masing masing entitas, adapun langkahnya dengan mengklik menu form, klik secara bergantian, setelah selesai tampilan form akan Nampak seperti berikut:

    ib

    ip

    penerbit

    pengarang

    rak

    regbuk

    Langah selanjutnya kita membuat Query. Query sendiri berfungsi untuk menampilkan suatu data dari database dimana mengambil dari table-tabel yang ada di database. Setelah Query terbentuk maka tampilan akan berbentuk seperti berikut ini

    qu

    Setelah seluruh form pada entitas dan query terpenuhi langkah selanjutnya adalah membuat form menu utama, sebelumnya masing masing entitas wajib mendaftarkan entitasnya ke dalam menu button, yang berfungsi untuk form dapat include ke dalam form yang digabungkan secara keseluruhan. Berikut tampilan akhir dari form menu utama.

    ft

    Untuk memberikan accesoris tambahan kita dapat menyisipkan perintah next  page, find page, dll dengan cara mengklik button – Record Navigation – dan pilih command button sesuai keinginan.

    30

     

     

    CATATAN

    Leave a Comment

  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO
  • PADANGTOTO